Menjaga Otak Tetap Kuat Mengingat



Semua tahu bahwa otak merupakan organ penting bagi kehidupan manusia. Sebab itu, sangat perlu kita perhatikan kesehatan pikiran dengan berbagai cara dalam menjaga kesehatannya.
===============
Apa artinya umur panjang kalau kita dilanda kepikunan. Kita tentu berharap umur panjang yang sehat dengan daya ingat yang tetap kuat. Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan otak kita. Di antaranya kegemukan, aktivitas fisik yang rendah dan malas berpikir.
Soal kegemukan misalkan, Jepang sampai harus memberlakukan peraturan larangan obesitas. Pemerintah Jepang membuat peraturan bernama "Metabo Law", yang mengatur berat badan dan ukuran lingkar pinggang setiap warga negaranya. Bagi yang melanggar, akan dikenakan denda bahkan hukuman penjara. Peraturan serupa juga diberlakukan di beberapa negara, termasuk India. Separuh warga India ternyata melewati batas kewajaran berat badan yang disarankan, alias overweight!
Terdengar 'kejam'? Namun kenyataannya, obesitas memang membahayakan dan menjadi salah satu pemicu kematian yang utama di dunia. Menurut survai yang dilansir dari laman boldsky.com, sekitar 300 juta orang di dunia tergolong obesitas, yang artinya indeks massa tubuhnya melebihi batas normal yaitu 30.
Studi lain menyebutkan, obesitas tak hanya berbahaya bagi jantung saja, namun juga kesehatan mental dan otak. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Jadi, jaringan otak atau brain tissue pada orang yang mengalami obesitas jumlahnya 4-8% lebih sedikit daripada orang dengan berat badan normal.
Ah, 8% saja, apa pengaruhnya? Sekadar informasi, manusia memiliki sekitar 100 juta neuron. Kehilangan 8% jaringan otak dari 100 juta neuron ini sama dengan kehilangan 8 juta jaringan otak. Dan ini bukanlah jumlah yang bisa disepelekan! Obesitas dan kebiasaan makan yang abnormal dapat berpengaruh pada brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF ini mengatur pertumbuhan neuron pada otak. Jika salah satu faktor ini terganggu, maka akan mempengaruhi daya ingat dan kesehatan mental seseorang.
Jika terlanjur dalam kondisi obesitas, jangan takut. Selalu ada harapan. Jangan menyerah pada obesitas, tetapi hadapi dan kalahkan. Cobalah latihan angkat beban. Belakangan diketahui, angkat beban ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan otak.
Studi yang dilakukan peneliti di Georgia Institute of Technology menemukan bahwa latihan angkat beban yang intens bisa meningkatkan daya ingat hingga 10 persen. Tak perlu waktu lama, cukup 20 menit dalam satu sesi latihan.
Hasil ini diketahui setelah peneliti melakukan percobaan terhadap 46 anak muda. Mereka diminta mengingat 90 foto di layar komputer. Responden dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama mengingat foto sambil latihan menggerakkan kaki sebanyak 50 kali. Sedangkan kelompok kedua hanya duduk tanpa melakukan aktivitas fisik. Air liur setiap responden kemudian diambil sebagai sample.
Dua hari kemudian, responden kembali diperlihatkan foto-foto dengan jumlah dua kali lebih banyak. Dari 180 foto, 90 di antaranya merupakan gambar yang sama, yang pernah ditunjukkan pada pertemuan sebelumnya. Para responden pun diminta menyebutkan foto-foto mana saja yang pernah dan baru mereka lihat.
Seperti dijelaskan dari laman www.huffingtonpost.co.uk, dari penelitian ini diketahui bahwa ingatan kelompok yang melihat foto sambil olahraga lebih baik ketimbang yang hanya duduk diam. Responden di kelompok pertama bisa mengingat foto yang pernah mereka lihat sekitar 60 persen, sedangkan kelompok kedua hanya 50 persen.
Khasiat olahraga untuk meningkatkan kemampuan otak juga pernah terungkap dalam penelitian lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Brain, yang disebutkan dalam laman  timesofindia.com, aktivitas kardiovaskular bisa dijadikan sebagai bagian dari pengobatan pada orang demensia. Selain itu, latihan kardio yang rutin dan tepat juga akan membuat otak lebih tahan terhadap kerusakan dan penyakit. Aktivitas kardiovaskular bisa berupa aerobik, kickboxing atau jogging.
Selain aktivitas fisik, jaga pula pola makan. Minumlah air putih yang cukup, karena dapat meningkatkan kesehatan otak. Jika otak kita mengalami kekurangan cairan, maka dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan berpikir.
Lalu Konsumsilah buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi otak kita, sehingga kesehatan otak kita akan selalu terjaga kesehatannya. Selain itu, mengkonsumsi buah dan sayur dapat melancarkan aliran darah yang menuju ke otak sehingga otak kita dapat berpikir dengan jernih dan suasana hati menjadi lebih tenang.
Yang juga penting, pergilah berlibur bersama keluarga. Cara ini sangat efektif dalam menjaga kesehatan otak, karena setelah otak kita bekerja dengan keras, maka kita perlu untuk mengistirahatkan otak kita sehingga otak akan kembali fresh dan dapat berfungsi dengan baik.
Tidur yang cukup merupakan cara paling mudah kita lakukan dalam menjaga kesehatan otak. Karena, tidur yang cukup dapat membantu memulihkan otak setelah beraktivitas seharian. Bila perlu, lakukan tidur siang di sela-sela waktu istirahat sehingga pada saat terbangun maka otak kita akan kembali fresh dan dapat kembali bekerja optimal. (BN)

Boks:
Makanan Sehat untuk Otak
Banyak studi menemukan bahwa nutrisi tertentu dapat mempengaruhi otak secara positif, khususnya pada daerah otak yang berhubungan dengan pengolahan atau perasaan dan emosi kognitif. Secara umum jika mengikuti diet sehat untuk otak, maka akan melancarkan aliran darah, pemeliharaan ketajaman mental dan mengurangi risiko penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer dan demensia.
Menurut sejumlah penelitian, lemak yang paling dibutuhkan oleh otak adalah asam lemak omega-3 yang kemudian otak akan mengubahnya menjadi DHA (docosahexaenoic acid),  yang akan meningkatkan komunikasi saraf dan meningkatkan pertumbuhan saraf.
Berikut beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan otak:
Apel. Makan satu buah apel sehari akan melindungi otak dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer dan Parkinson. Nutrisi ajaib pada apel yang bertindak sebagai perlindungan otak adalah quercetin, yang merupakan phytonutrisi.
Asparagus. Asparagus kaya akan asam folat, yang penting digunakan dalam metabolisme rantai panjang asam lemak dalam otak Anda.
Daging sapi. Daging kaya akan vitamin B12, zat besi dan seng. Vitamin dan mineral juga digunakan untuk mempertahankan jaringan saraf yang sehat.
Blueberry dan strowberry. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah berri akan meningkatkan memori dan keterampilan motorik mereka. Selain itu, sifat antioksidan pada buah ini dapat melindungi otak Anda dari proses oksidatif.
Cokelat hitam, menawarkan kekuatan konsentrasi yang luar biasa. Dalam cokelat hitam terkandung antioksidan yang sangat kuat,  yang juga mengandung stimulan alami peningkat produksi hormon endorfin yang menimbulkan perasaan baik. Dapatkan cokelat hitam dengan kurang dari 10 gram kandungan gula per porsi untuk manfaat yang lebih optimal.
Ikan Salmon, mengandung asam lemak omega 3 dan penelitian telah membuktikan betapa pentingnya zat ini untuk fungsi otak. Minyak ikan juga merupakan sumber kaya omega 3 yang penting bagi otak.
Oregano kering. Rempah-rempah tertentu memiliki sifat antioksidan yang kuat. Dalam beberapa studi, rempah-rempah yang kuat ini telah terbukti memiliki sifat antioksidan 40 kali lebih daripada apel, 30 kali lebih banyak daripada kentang, 12 kali lebih banyak dari jeruk, dan 4 kali lebih dari itu blueberry atau strawberry.
Kenari, kaya protein dan mengandung asam lemak omega-3, vitamin E dan B6 yang semuanya berguna untuk mempromosikan jaringan saraf yang sehat.
Semua biji-bijian, memberikan serat dan vitamin E yang membantu meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan sirkulasi ke otak. Seperti biji bunga matahari atau biji labu, juga sangat baik bagi kesehatan secara umum.
Yogurt dan susu lainnya dipenuhi dengan protein dan vitamin B yang penting buat meningkatkan komunikasi antara sel-sel saraf.
Pastikan bahwa mulai sekarang Anda memilih dan merencanakan menu besar yang mencakup makanan yang sehat untuk otak seperti telah diuraikan di atas. Hidup adalah tentang pilihan, dan memilih nutrisi yang tepat akan memainkan peran kunci untuk kesehatan Anda. (*)

Comments

Popular posts from this blog

Kekerasan di Perkotaan

Kisah Seorang Preman Kupang (1)

Temuan Riset: Kepolisian dan Pemerintah Daerah Tidak Paham Apa itu Ujaran Kebencian