Memantau Kesehatan Lewat Kuku




 Tubuh manusia telah dilengkapi lampu indikator yang demikian lengkap. Salah satunya tana bulan sabit yang biasa ada di bagian bawah kuku jempol.
===================

Sadarkan Anda bahwa di kuku jari Anda ada tanda sabit? Banyak orang belum menyadari keberadaan tanda bulan sabit. Coba Anda cek, di pangkal kuku jari Anda pasti ada bagian yang berwarna putih berbentuk bulan sabit. Biasanya, bulan sabit ini jelas kelihatan di kuku jari jempol. Dan memang kebanyakan orang mempunyai sinyal sabit ini di kuku bagian jempol. Tanda sabit di kuku jempol harus dipunyai oleh semua orang. Karena tanda sabit ini menunjukkan keadaan kesehatan seseorang.

Bagian putih yang ada di daerah pangkal kuku jari kita itu namanya lunula (lunule). Kata lunula berhubungan dengan bentuk bulan sabit atau half-moon. Lunula merupakan udara terperangkap yang tidak bisa naik ke bagian atas kuku karena perlekatan yang kuat antara kuku dan kulit di bagian bawahnya di luar lunula.

Dari berbagai sumber bacaan, bentuk seperti bulan sabit yang ada pada kuku –terutama pada jempol, telunjuk dan jari tengah-- mengindikasikan keadaan kesehatan organ tubuh seseorang. Sementara untuk jari manis bisa sedikit diabaikan. Batas minimal jumlah bulan sabit adalah 8. Apabila pada 10 jari seseorang ada bulan sabit maka kesehatan seseorang prima. Sebaliknya, bila jumlah sabit yang ada pada jari tangan hanya sedikit (kurang dari angka 8), maka dapat jadi pertanda bahwa kesehatan atau daya tahan tubuh seseorang tengah menyusut dan tidak stabil.

Ya, lunula dapat menggambarkan kondisi kesehatan dan penyakit yang ada di dalam tubuh kita, seperti penyakit ginjal, paru-paru, liver, dan gangguan jantung. Orang yang sehat setidaknya mempunyai sabit pada kedua bagian jempolnya. Di mana besar sabit itu kurang lebih 1/5 kuku. Bila tak ada sabit di bagian jempol, maka hal demikian bisa jadi pertanda bahwa seorang itu kekurangan energi dan kondisi penyerapan usus besar tak sehat.

Perbedaan dan perubahan warna serta bentuk yang terjadi pada lunula dapat mengindikasikan penyakit atau gangguan kesehatan tertentu. Menurut beberapa sumber, beberapa tanda pada lunula yang berhubungan dengan kesehatan manusia antara lain:

Pada ibu jari. Coba amati, bila bulan sabit pada pangkal kuku ibu jari semakin banyak putihnya maka semakin subur orang tersebut (khusus wanita ). Sedangkan pada pria menandakan kerja ginjal, semakin banyak bulan sabitnya, semakin keras kerja ginjal (tergantung letaknya di kanan atau di kiri).

Kemudian pada jari yang lain. Amati bulan sabit pada pangkal kuku selain ibu jari, jika semakin banyak putihnya semakin lemah libido seseorang

Selanjutnya, apabila bulan sabit itu mendadak menghilang, mengecil, atau gelap, maka bisa jadi ada penyakit parah, seperti tumor dan terjadi pendarahan di dalam. Tetapi bila ada sabit memiliki ukuran yang semakin melebar atau besarnya lebih dari 1/5 kuku, maka bisa jadi indikasi ada hepertrofi jantung, hepertensi, stroke, kerentanan pada kardiovaskular, serta yang lain.

Selain itu, berdasarkan apa yang disibakkan oleh para pakar juga menunjukkan, bahwa semakin kecil sabit yang ada, maka bisa menunjukkan energi dalam tubuh semakin kecil juga serta kesehatan tubuh pun semakin berkurang, Bahkan kekebalan tubuh juga menurun. Walau demikian yang lebih diperhatikan apabila tak ada sabit sama sekali, maka bisa jadi pertanda seseorang sakit parah.

Nah, jika bulan sabit yang ada di jari tangan Anda semakin menyusut, maka banyak-banyaklah mengkonsumsi protein serta makanan hitam seperti jamur, beras merah, jamur hyuka. Juga jagalah stamina badan, serta tidak lupa untuk sering melakukan olahraga secara teratur.

Berubah dan beragamnya warna kuku merupakan indikator adanya penyakit. Menurut buku Keajaiban Senam Para Nabi (Bukhori, 2007: hal 70-71), ada beberapa indikasi dari penampakan kuku di jari tangan kita yang menggambarkan penyakit-penyakit tertentu. Indikasi-indikasi tersebut sebagai berikut :

Lingkaran seperti bulan sabit di kuku ibu jari dengan warna merah muda. Indikasi ini menunjukkan peredaran darah pankreas kurang baik. Dalam kata lain, fungsi pankreas menurun. Akibatnya orang tersebut mudah atau cepat lesu. Gejala tersebut akan berkembang menjadi kencing gula (diabetes).

Lingkaran berwarna merah muda atau berbentuk seperti bulan sabit pada kuku jari telunjuk menunjukkan gangguan (lemah) usus dan lambung.

Lingkaran serupa dengan warna serupa pada kuku jari tengah menunjukkan gangguan peredaran darah di otak yang mengakibatkan orang tersebut mudah gelisah, sering pusing, dan sulit berpikir jernih (kurang konsentrasi).

Bila tanda serupa terdapat pada jari manis menunjukkan menstruasi tidak lancar (terjadi gangguan pada organ reproduksi). Tanda yang sama pada jari kelingking menunjukkan lemah jantung.

Bilamana kuku masuk pada atau ke dalam dagingnya mengindikasikan liver lemah.

Jika terdapat garis-garis mendatar (horizontal) pada kuku menandakan gangguan pada usus dan lambung.

Garis-garis vertikal pada kuku menandakan metabolisme di dalam sistem pencernaan terganggu.

Bila garis-garis vertikal ini terdapat pada kuku jari tengah, itu pertanda gangguan liver dan ginjal.

Kuku berbintik merah atau hitam menunjukkan gangguan pada sistem peredaran darah di otak. Demikian pula bila bintik-bintiknya terdapat di jari telunjuk.

Untuk mengetahui normal atau tidak normal sistem peredaran darah di seluruh organ tubuh. Pijatlah semua kuku jari, bila setelah ditekan kuku itu berubah menjadi merah, berarti sistem peredaran darah dalam kondisi baik dan organ yang bersangkutan pun baik. Bila dengan cara demikian tidak menimbulkan perubahan seperti itu, berarti sistem peredaran darah tidak baik.

Keberadaan sabit dan indikasi warna pada yang ada di setiap jari tangan jelas dapat menunjukkan kondisi  kesehatan tubuh Anda. Dan hal demikian dapat Anda jadikan indikator akan kondisi kesehatan pada tubuh apabila mengalami masalah. Dengan demikian, anda juga dapat segera menanggulanginya dengan cara yang tepat juga. (*)


Boks:
Beberapa Indikasi Penyakit Serius

Lunula adalah bagian matriks kuku yang tampak di luar. Lunula yang sehat adalah yang berwarna merah muda transparan karena pembuluh darah di bawahnya yang berbayang. Hal itu menunjukkan matriks kuku atau akar kuku dalam kondisi sehat. Berikut ciri-ciri lunula dan hubungannya dengan indikasi penyakit serius.

Anemia atau kekurangan gizi. Tidak adanya lunula pada ibu jari bisa menunjukkan kalo seseorang berpotensi menderita anemia atau kekurangan gizi.

Penyakit Wilson's disease. Area lunula yang berwarna biru menunjukkan seseorang menderita penyakit Wilson's disease. Ini adalah penyakit gangguan genetik karena tumpukan zat tembaga di berbagai organ vital, seperti hati, kornea mata, dan otak. Terjadi karena hati tidak bisa berfungsi untuk mencerna zat tembaga secara sempurna. Akibatnya adalah fungsi hati rusak, sistem saraf pusat tidak berfungsi, hingga menyebabkan kematian.

Penyakit diabetes mellitus. Bilamana lunula berwarna biru pucat, maka bisa mengindikasikan penyakit diabetes melitus.
Penyakit kardiovaskular. Lunula yang berwarna merah bisa menunjukkan seseorang terindikasi penyakit kardiovaskular, penyakit pembuluh darah kolagen, atau penyakit hematologic malignancies atau kanker darah.

Penyakit sirosis. Penyakit hati yang berat ini bisa terjadi ditunjukkan pada orang yang lunulanya menghilang dan permukaan kukunya berubah warna menjadi putih atau disebut juga Terry's nails. Biasanya ini terjadi pada semua jari kuku, meskipun bisa juga hanya muncul pada satu jari kuku. Sekitar 80% pasien dengan sirosis memiliki Terry's nails. (*)

Comments

Popular posts from this blog

Kekerasan di Perkotaan

Kisah Seorang Preman Kupang (1)

Temuan Riset: Kepolisian dan Pemerintah Daerah Tidak Paham Apa itu Ujaran Kebencian