Anti-kanker dari Daun Sirsak



Sirsak merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Rasanya yang manis-asam membuat banyak orang suka. Sirsak memiliki banyak manfaat bagi manusia. Buah sirsak dipercaya mampu mencegah dan mengobati penyakit sariawan. Kayunya dapat dimanfaatkan buat kayu bakar atau bahan kerajinan tangan. Dan daunnya dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.
====================

Barangkali masih banyak di antara kita yang belum mengetahui manfaat tumbuhan sirsak. Ternyata hampir semua bagian tumbuhan sirsak memberi manfaat bagi umat manusia. Kali ini kita mencoba melihat manfaat dan khasiat tumbuhan sirsak dari daunnya.
Khasiat daun sirsak yang pertama adalah mencegah dan mengobati kanker. Berdasarkan penelitian, daun sirsak mengandung zat proaktif yang mampu membunuh sel kanker. Zat proaktif di dalam daun sirsak juga mampu melihat sel mana yang harus dibunuh dan sel mana yang harus tetap hidup. Sebab itulah, daun sirsak ini dipercaya memiliki keampuhan hingga 100 kali lipat dibandingkan pengobatan kanker melalui kemoterapi.
Beragam penelitian modern telah berhasil membuktikan khasiat ekstrak daun sirsak untuk mengobati kanker. Salah satunya AgrEvo Research Center, North Carolina, Amerika Serikat, menemukan hasil positif tentang manfaat daun sirsak untuk anti-kanker. Sedangkan di Indonesia, pengujian sudah pernah dilakukan Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada (CCRC–UGM).
Untuk memperoleh manfaat tersebut dapat dilakukan dengan meminum air rebusan daun sirsak rutin setiap pagi dan sore selama beberapa pekan. Jika Anda sudah mencobanya selama 3 pekan, maka Anda akan mulai merasakan efek bahwa tubuh Anda sudah menjadi lebih ringan daripada biasanya. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai langkah yang Anda ambil ini.
Berikutnya, daun sirsak berkhasiat sebagai obat penyembuh penyakit wasir. Sebagaimana lazim kita ketahui, wasir merupakan penyakit yang menyerang anus berupa pembengkakan. Pada kondisi yang sudah berbahaya, wasir akan menyebabkan anus si penderita terasa sangat nyeri dan mengeluarkan darah. Penyakit separah itu dapat diobati oleh daun sirsak. Daun sirsak mengandung zat yang mampu menghentikan pendarahan pada anus dan mampu pula membuat otot sekitar anus lebih rileks. Dengan begitu sedikit demi sedikit pembengkakan berkurang. Lambat tapi pasti penyakit tersebut akan dapat diatasi.
Penyakit lain yang dapat disembuhkan dengan daun srisak adalah asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang menyerang seseorang akibat penderita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang berlebihan. Biasanya, purin banyak dikandung oleh buah melinjo. Bagi Anda yang sudah terlanjur mengidap penyakit ini, tidak perlu risau lantaran penyakit ini dapat diatasi dengan memanfaatkan daun sirsak. Cara memanfaatkannya adalah dengan membuat rebusan air daun sirsak kemudian meminumnya selagi hangat. Selain menyembuhkan penyakit asam urat, air rebusan daun sirih pun berkahasiat sebagai pencegah penyakit diabetes mellitus.
Akibat gaya hidup, banyak orang sekarang mengalami kelebihan kolesterol jahat dalam darah. Beberapa penelitian menunjukkan daun sirsak cukup ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Daun sirsak mengandung zat yang mampu menyingkirkan kolesterol jahat dari tubuh Anda. Biasanya, kolesterol jahat ini muncul akibat Anda kurang selektif dalam memilih makanan. Misalkan makanan yang kaya akan kolesterol jahat adalah bebek goreng, ayam goreng, gorengan dan makanan yang mengandung banyak minyak. Apalagi jika saat penggorengan berlangsung, minyak goreng digunakan berkali-kali sampai warnanya menghitam. Di situlah kolesterol jahat yang kemudian akan masuk ke tubuh untuk menebar penyakit berbahaya.
Barangkali, manfaat daun sirsak untuk kecantikan masih sedikit asing di telinga. Ternyata, daun buah sirsak berkhasiat mencegah timbulnya jerawat. Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan menghaluskan daun sirsak menggunakan tumbuk. Setelah halus, tambahkan air dan letakkan di wajah yang paling berpotensi tumbuh jerawat. Tunggu hingga kandungan meresap, kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat. Ramuan ini banyak digunakan oleh orang zaman dulu dalam menjaga kecantikannya.
Bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia karena tanaman sirsak (Soursop) gampang ditemukan dan kita bisa memanfaatkan daunnya sebagai obat tradisional, ramuan herbal atau olahan teh secara gratis. (*)


Boks:
Mengolah Daun Sirsak Menjadi Minuman Sehat

Secara umum, ada dua jenis ramuan obat yang terbuat dari daun sirsak. Yaitu ramuan dari daun yang masih segar (baru dipetik) dan ramuan daun sirsak kering. Proses pengolahan daun kering dimulai dengan menjemur daun segar selama kurang lebih tiga hari (tergantung kondisi cuaca).
Sebaiknya memilih daun yang tidak terlalu tua, bersih, tidak cacat, dan tidak berlubang di sana-sini. Baik daun kering maupun daun segar keduanya sama-sama kaya akan manfaat dan khasiat luar biasa berkat kandungan mineral, enzim, dan vitamin di dalamnya.
Cara mengolah daun sirsak segar. Bahan-bahan ramuan daun sirsak untuk obat: 3-5 lembar daun segar, 4 gelas air bersih, gula atau madu sebagai pemanis.
Cara mengolahnya: rebus daun segar bersama 4 gelas air besih, gunakan api sedang. Lalu tunggu beberapa saat sampai airnya tersisa 1 gelas saja. Dan sajikan dengan pemanis, minum sekaligus.
Sedangkan cara mengolah daun sirsak kering sebagai berikut: sediakan 5-7 daun yang sudah kering, 1 liter air bersih, pemanis seperti gula atau madu, panci atau ketel untuk merebus daun sirsak.
Langkah-langkah membuatnya: rebus 1 liter air memakai panci, ketel atau ceret. Setelah air mendidih, masukkan daun sirsak kering dan kecilkan api. Rebus selama kurang lebih 20 menit, pastikan memakai api tetap kecil. Matikan kompor. Biarkan teh daun sirsak dingin, dan siap disajikan.
Resep ramuan teh daun sirsak kering ini cukup untuk tiga porsi (masing-masing 250 ml). Sebaiknya teh dihabiskan dalam satu hari (3 kali minum), buang sisa teh rebusan daun sirsak jika tidak habis dalam sehari.
Jangan mencampur ekstrak daun sirsak (cair ataupun padat) dengan jamu, obat-obatan, dan ramuan herbal lain karena berisiko terjadi ketidak-cocokan kimia.
Dari segi medis, manfaat daun sirsak bagi kesehatan terbukti mampu membunuh sel kanker serta menyembuhkan berbagai penyakit ganas seperti kista, diabetes, hipertensi dan stroke.
Khusus bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang untuk merebus daun sirsak, kini sudah ada beragam produk kesehatan yang berbahan dasar ekstrak daun sirsak. Yang perlu dicatat, ikuti aturan minum dan cara penyajiannya, serta pilihlah produk herbal yang sudah diakui Badan POM supaya kualitasnya terjamin. (*)
Apabila ingin memanfaatkan olahan herbal ini sebagai jamu atau obat kista, kanker, rematik dan asam urat, darah tinggi, diabetes, wasir, keputihan maupun untuk sakit ringan akibat daya tahan tubuh menurun, sebaiknya ikuti aturan minum yaitu dimulai dengan meminum satu gelas saja per hari. Untuk anak-anak, kurangi dosisnya sampai ½ gelas per porsi.
Setelah beberapa hari, tambah porsinya menjadi dua gelas per hari yaitu pagi dan sore hari. Cara ini dilakukan agar tubuh tidak kaget dan bisa menyerap khasiat yang terkandung dalam ramuan daun sirsak secara optimal.
Dan pada hari ke tiga, Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini tiga kali sehari yaitu pagi, siang, dan sore hari. Minumlah teh daun sirsak secara teratur 3 hari dalam sepekan sampai gangguan kesehatan yang Anda derita sembuh. Awali dengan berdoa, sesungguhnya obat hanyalah perantara. Kesembuhan datangnya dari Tuhan semata. (*)

Comments

Popular posts from this blog

Kekerasan di Perkotaan

Kisah Seorang Preman Kupang (1)

Temuan Riset: Kepolisian dan Pemerintah Daerah Tidak Paham Apa itu Ujaran Kebencian