3 Bersaudara “Alif-Lam-Mim” Berlaga


Film berjudul 3 (Alif Lam Mim) ini memang tidak sepenuhnya berbau religi. Namun setidaknya ada yang bisa direnungkan dari film yang mengambil latar Jakarta tahun 2036 Masehi ini. Negara sudah sangat liberal dan penegakan hukum tidak seperti masa lalu. Saat itu, penggunaan senjata oleh aparat tidak lagi menggunakan longsongan amunisi peluru karena telah digantikan oleh amunisi karet. Singkatnya, penangkapan pelanggar hukum tidak lagi sekeras masa silam.

"Secara sederhana, film ini mengangkat salah satu kekayaan bangsa Indonesia, yaitu seni bela diri pencak silat. Tapi, isinya sangat terhubung dengan analogi Alif Lam Mim itu sendiri," ujar sutradara yang juga penulis skenario film 3 (Alim Lam Mim), Anggy Umbara.

Dia menambahkan, "Film ini punya cerita yang mengangkat secara tajam isu sosial, politik dan agama di Indonesia. Kandungan di dalamnya bisa menjadi renungan bagi penonton."

Dikisahkan ada tiga orang dengan profesi yang berbeda-beda, namun dengan latar belakang yang sama. Mereka adalah tiga bersaudara bernama Alif, Lam, dan Mim. Tiga pemuda yang dulunya dibesarkan, menuntut ilmu dan berlatih beladiri di sebuah tempat yang sama, yaitu sebuah padepokan bernama Al-Ikhlas. Kemudian Alif bekerja sebagai anggota kepolisian negara, Lam bekerja sebagai jurnalis, dan Mim memilih mengabdi dan menjaga padepokan.

Suatu hari, terjadi sebuah ledakan di sebuah café. Kepolisian pun menganalisa dan mengumpulkan sejumlah barang bukti. Ternyata, kecurigaan kepolisian tertuju pada tempat Mim berada. Alif yang memang bertekad untuk menegakkan hukum, ikut menjadi salah salah satu personil saat penyergapan padepokan Al-Ikhlas. Namun, ternyata tempat tersebut dijaga oleh Mim yang rela mati demi melindungi padepokan. Apa keputusan Lam saat pertarungan dua saudaranya berada di ujung tanduk?

Kabarnya, film bergenre drama ini terinspirasi dari cerita mimpi yang dialami oleh sang sutradara. Film ini juga kental balutan editing CGI dan efek kamera yang memukau. Kamera Phantom yang digunakan dalam film ini sangat canggih. (*)



Filmografi:

Judul: 3 (Alif Lam Mim)
Sutradara: Anggy Umbara
Penulis: Anggy Umbara dan Bounty Umbara
Genre: Drama, action, religi
Produksi: FAM Productions dan Multivision Plus
Pemain: Cornelio Sunny (Alif), Abimana Aryasatya (Lam) dan Agus Kuncoro (Mim). Ada pula Tanta Ginting, Prisia Nasution, Tika Bravani, Donny Alamsyah, Piet Pagao, dan Cecep A Rahman.

Comments

Popular posts from this blog

Kekerasan di Perkotaan

Kisah Seorang Preman Kupang (1)

Temuan Riset: Kepolisian dan Pemerintah Daerah Tidak Paham Apa itu Ujaran Kebencian