Kejahatan Kelapa Sawit Mendorong Penebangan Liar Besar-Besaran di Indonesia

Kejahatan Kelapa Sawit Mendorong Penebangan Liar Besar-Besaran di Indonesia

 
Pembukaan hutan untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit saat ini telah mendorong gelombang penebangab liar yang sangat melmahkan berbagai usaha untuk melakukan reformasi penting yang sangat dibutuhkan pada sektor kehutanan dan kayu di Indonesia.

Sebuah laporan yang baru diterbitkan hari ini oleh Environmental Investigation Agency (EIA) berjudul Permitting Crime: How Palm Oil Expansion Illegal Logging in Indonesia, mengungkapkan bagaimana budaya korupsi yang meluas dan lemahnya penegakkan hukum telah mengakibatkan aliran kayu ilegal, seiring dengan merebaknya pembangunan perkebunan di hutan-hutan perawan.

Laporan tersebut menjelaskan bagaimana hampir semua perkebunan kelapa sawit di seluruh negeri dengan sengaja mengelak dari Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) di Indonesia, suatu hukum wajib yang mulai diterapkan sejak bulan September 2010 sebagai langkah awal dari berbagai upaya untuk memastikan bahwa Indonesia hanya memproduksi kayu legal.

Salah satu juru kampanye hutan EIA, yaitu Tomasz Johnson, mengatakan "Penebangan liar melalui konsesi kelapa sawit sudah tidak terkendali dan peraturan perundang-undangan tentang kayu di Indonesia telah sangat gagal mengendalikannya."

"Investigasi yang kami lakukan telah menyingkap beberapa kasus terburuk, namun kita harus jelas bahwa tingkat kepatuhan hukum memang sangat rendah diberbagai sektor. Kami menemukan bahwa pemerintah lokal sudah bersekongkol dengan perusahaan untuk mempercepat proses perizinan. Hasilnya, penebangan hutan yang dilakukan tidak mengidentifikasi atau memitigasi dampak-dampak sosial dan lingkungan, sebagaimana disyaratkan oleh hukum," lanjutnya. (http://www.kabarindonesia.com)

Comments

Popular posts from this blog

Kekerasan di Perkotaan

Kisah Seorang Preman Kupang (1)

Temuan Riset: Kepolisian dan Pemerintah Daerah Tidak Paham Apa itu Ujaran Kebencian