Eksekusi Belum Jelas, Terpidana Mati di Nusakambangan Resah


Eksekusi Belum Jelas, Terpidana Mati di Nusakambangan Resah
Suasana di LP Nusakambangan 

 Kabar mengenai pelaksanaan eksekusi terhadap para terpidana mati di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, membuat penghuni di lembaga pemasyarakatan itu resah. Hingga saat ini, Kejaksaan Agung belum mengeluarkan nama-nama narapidana yang akan dieksekusi mati.
Dari informasi yang diperoleh , sejumlah warga binaan di LP Nusakambangan bahkan jatuh sakit. Rata-rata dari mereka adalah narapidana yang divonis dengan hukuman mati.
Sementara itu, pelaksanaan perayaan Natal di LP Nusakambangan digelar lebih cepat. Pada Sabtu kemarin, puluhan narapidana mengikuti perayaan Natal yang digelar dekat ruang poliklinik lapas.
Namun, menjelang pelaksanaan eksekusi mati yang paling lambat dilakukan sebelum ganti tahun, pengamanan di Pulau Nusakambangan sudah ditingkatkan. Tapi, hingga saat ini persiapan untuk pelaksanaan eksekusi ini juga belum terlihat.
Suasana di dermaga penyeberangan Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah, menuju LP Nusakambangan masih berlangsung seperti biasa.
Peningkatan pengamanan terlihat dengan mulai diterjunkannya petugas kepolisian serta perwira dan pejabat Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan di sekitar dermaga penyeberangan Wijayapura sejak kemarin.
Mereka yang akan menyeberang ke Pulau Nusakambangan harus melalui proses pemeriksaan ketat. Nusakambangan dipilih sebagai lokasi pelaksanaan eksekusi mati terpidana narkotika. Sesuai keputusan dari Kejaksaan Agung dan Menteri Hukum dan HAM.
Hingga kini tidak diketahui pasti, siapa saja terpidana yang akan menjalani hukuman mati. Jika tidak ada perubahan, eksekusi mati dijadwalkan akan dilaksanakan beberapa hari ke depan atau pada akhir 2014. (palembang.tribunnews.com)

Comments

Popular posts from this blog

Kekerasan di Perkotaan

Kisah Seorang Preman Kupang (1)

Temuan Riset: Kepolisian dan Pemerintah Daerah Tidak Paham Apa itu Ujaran Kebencian