Pengadilan Iran Panggil CEO Facebook

Pendiri serta CEO Facebook Mark Zuckerberg (Foto:Reuters) Pendiri serta CEO Facebook Mark Zuckerberg (Foto:Reuters)  

Pengadilan di wilayah selatan Iran siap memanggil CEO serta pendiri facebook Mark Zuckerberg. Pemanggilan Zuckerberg terkait dengan pelanggaran privasi yang dilakukan instrgram serta whatsapp kepada warga Iran.

Kedua aplikasi terkenal tersebut saat ini ada di bawah naungan facebook. Hal ini pun diambil setelah banyak warga Iran yang melayangkan keluhan terhadap intragram dan whatsapp.

Dilansir dari CBS News, Rabu (28/5/2014), walau telah melayangkan surat pemanggilan resmi, Zukerberg dipastikan tidak akan hadir di pengadilan Iran. Pasalnya, Iran dan AS tidak memiliki perjanjian ekstradisi.

Saat ini kedua aplikasi tersebut sudah dilarang di Selatan Iran. Pelarangan ini menyebabkan para pengguna whatsapp serta instagram tidak bisa mengakses kedua aplikasi ini.

Iran memang salah satu negara yang melakukan pemblokiran bagi beberapa website jejaring sosial seperti facebook atau twitter. Ironisnya, walau telah melakukan pemblokiran sejumlah warga Iran masih tetap menggunakan twitter serta facebook secara diam-diam.

Salah satu warga Iran yang masih terus menggunakan media sosial walau telah dilarang adalah Menteri Luar Negeri Javad Zarif. Bahkan, Zarif dikenal sebagai penggunan aktif twitter yang sering menumpahkan pemikirannya melalui kicauan di twitter. (international.okezone.com)

Comments

Popular posts from this blog

Kekerasan di Perkotaan

Kisah Seorang Preman Kupang (1)

Temuan Riset: Kepolisian dan Pemerintah Daerah Tidak Paham Apa itu Ujaran Kebencian