Dapat SMS, Guru SMP di Kartasura Sukoharjo Tertipu Rp18 Juta

IlustrasiIlustrasi
Salah seorang guru SMP swasta di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, Hadi Suharto, 49, Selasa (6/5/2014) menjadi korban penipuan orang tak dikenal melalui SMS setelah mentransfer uang Rp18,9 juta. Korban terpaksa menuruti permintaan orang tak dikenal yang mengaku pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo.

“Ini jelas penipuan, tidak mungkin kepala Disdik meminta uang agar menstransfer seperti itu. Ketika itu, Pak Hadi mengaku mendapat SMS dari orang yang mengaku bernama Joko Untoro, pengawas sekolah di Disdik Sukoharjo. SMS itu meminta agar dirinya [korban] menghubungi Kepala Disdik Sukoharjo, Bambang Sutrisno karena ada urusan penting,” ujar Kabid SMP/SMA/SMK Disdik Sukoharjo, Dwi Atmojo Heri, mewakili Bambang yang akan dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (7/5/2014) sedang dinas keluar.Menurut Heri, akibat kejadian itu, dia langsung mengumpulkan seluruh stafnya untuk diberi pengarahan pada Rabu pagi. Tujuannya, para stafnya tidak lagi tertipu oleh akal bulus orang tak bertanggung jawab seperti yang dialami Hadi.

Korban yang dihubngi melalui telepon selulernya membenarkan dia telah tertipu oleh orang tak dikenal tersebut. Namun saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya dia mengaku repot karena sedang menyetir mobil. “Maaf sekarang ini saya di mobil sehingga tidak bisa memberi keterangan lebih lanjut. Mungkin besok [hari ini] saja,” ujar dia.

Secara terpisah Kasubag Humas Polres Sukoharjo, AKP Joko Sugiyanto, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Andy Rifai, ketika ditemui waratawan di ruang kerjanya membenarkan kejadian tersebut. Dia mengutarakan Polres Sukoharjo menerima laporan dari korban setelah dia ditipu oleh seseorang yang tak dikenal. (www.solopos.com)

Comments

Popular posts from this blog

Kekerasan di Perkotaan

Kisah Seorang Preman Kupang (1)

Temuan Riset: Kepolisian dan Pemerintah Daerah Tidak Paham Apa itu Ujaran Kebencian