Cara Mendapatkan Sertifikat Satpam


Saat ini kebutuhan perusahaan atau perorangan akan satpam yang telah memiliki sertifikat sangat besar. Pilihan akan satpam yang telah bersertifikat lebih besar dibandingkan satpam yang belum memiliki sertifikat karena alasan teknis dan profesional.

Satpam yang telah memilii sertifikat satpam merupakan satpam yang telah melalui pelatihan satpam sehingga keterampilan dan keahlian sebagai satpam sudah teruji.

Oleh karena itu bagi anda yang berprofesi sebagai satpam, akan sangat penting jika anda memiliki sertifikat satpam. Lalu bagaimana “cara mendapatkan sertifikat satpam?“

Untuk mendapatkan sertifikat satpam hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengikuti pelatihan satpam.

Dalam pelatihan satpam Anda akan dilatih mengenai sikap mental kepribadian dan pembinaan fisik guna membentuk sikap mental, kepribadian, dan penampilan fisik petugas satpam. Kemudian pelatihan pengetahuan dan keterampilan teknis profesi satpam agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Satpam. Tahap pelatihan yang terakhir adalah aplikasi semua pengetahuan dan keterampilan yang telah diterima selama mengikuti pelatihan yang diwujudkan dalam bentuk latihan teknis dan pembekalan-pembekalan.

Bagi Anda yang belum pernah melakukan pelatihan satpam maka anda harus mengikuti pelatihan satpam Gada Pratama, sedangkan bagi yang ingin meningkatkan kompetensi dan telah mengikuti pelatihan Gada Pratama anda harus mengikuti pelatihan Gada Madya. Setelah Anda selesai dan lulus pelatihan maka Anda akan mendapatkan sertifikat satpam.

Untuk Pelatihan Gada Pratama dan Gada Madya pelatihan satpam diselenggarakan oleh lembaga pendidikan di lingkungan Polri dan BUJP yang memiliki izin operasional pelatihan oleh Polri.

Sertifikat satpam Gada Pratama dan Gada Madya ditandatangani oleh Kepala Bagian Binkamsa atas nama Kepala Biro Bimbingan Masyarakat (Karobimmas) Polri untuk pelatihan yang dilaksanakan pada tingkat Mabes Polri  dan ditandatangani oleh Kepala Birobinamitra atas nama Kapolda untuk pelatihan yang dilaksanakan pada tingkat Polda.

Selain pelatihan di atas untuk menjadi chief security/manajer keamanan Anda harus mengikuti pelatihan Gada Utama untuk mendapatkan sertifikat. Pelatihan Gada Utama penyelenggaraannya dikendalikan oleh Mabes Polri dan sertifikatnya ditandatangani oleh Karobimmas Polri.

Demikian cara mendapatkan sertifikat satpam. Semoga menjadi panduan anda dalam rangka mendapatkan sertifikat satpam.

Comments

Popular posts from this blog

Kekerasan di Perkotaan

Kisah Seorang Preman Kupang (1)

Temuan Riset: Kepolisian dan Pemerintah Daerah Tidak Paham Apa itu Ujaran Kebencian